Wisata Alam

1. Padang

Pulau Sikuai


Sikuai adalah salah satu pulau di kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Sebuah pulau kecil (40HA) dengan pemandangan yang memesona. Apakah anda pernah menonton The Beach yang dibintangi oleh Leondardo Di Caprio? Pada satu adegan Leonardo berlari dan tiba di tepi pantai Maya Bay di depannya terpancang karang raksasa dan gradasi air laut dari biru muda ke biru pekat. Mungkin itulah gambaran yang sedikit sama mengenai apa yang akan di dapat di pulau Sikuai. Mungkin gak banyak yang tau yach kalo Pulau Sikuai itu sangat indah, bahkan banyak yang berpendapat lebih indah dari Bali..mungkin karena pantainya masih virgin dan bersih..juga gak rame kayak di bali. Ramalan gue, kalau pemerintah setempat mengelola tempat wisata ini dengan serius, melakukan promo besar-besar…pasti bakal ‘meledak’ dan yang pastinya bakal menjadi pesaing Bali. Nah ngomong-ngomong tentang program Visit Indonesia Year 2008, agaknya gak ada salahnya kalo pemda setempat ‘menggeber’ promo pulau ini. Pulau Sikuai tuh bener2 nggak kalah bagus dari Bali, Kalo gak percaya lu liat aja foto2nya di bawah ini apa nggak keren tuh?? Eh hampir lupa..sori, mmm.. Pulau Sikuai itu terletak di Sumatera Barat. Caranya menuju ke sana gampang kok: JKT – Padang or dari Daerah masing2 ke Padang …… pokoknya ke kota Padang dulu. Terus sampai dikota Padang, ada Speed Boat atau kapal yang akan mengantar anda ke Pulau SIKUAI…. nggak lama koq 1 jam-an sudah nyampe deehh…

Geografi Pulau Sikuai

Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44.4 Ha, termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami.

Sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan pihak swasta, telah memfasilitasi pulau ini dengan hotel resort setaraf hotel berbintang dua. Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai. Hotel resort di pulau ini menyediakan 54 buah cottage, restoran, ruangan untuk rapat, dan kolam renang, walaupun dengan tarif sewa cukup mahal, namun pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing ataupun wisata bahari.


Ngarai Sianok


Ngarai Sianok adalah lembah nan elok dari gunung Singgalang di provinsi Sumatera Barat. Tepatnya, Ngarai Sianok berada di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ngarai yang artinya lembah yang terjal ini  membentang dengan megah mencapai 15 kilometer. Lebarnya mencapai 200 meter dan kedalaman jurangnya sampai 100 meter. Ngarai Sianok merupakan bagian dari  patahan yang  membelah dua  Pulau Sumatera. Patahan yang terkenal dengan nama Patahan Semangko ini  terbentuk akibat gerakan turun kulit bumi. Karena dialiri “Batang Sianok” yang artinya sungai yang jernih, ngarai atau lembah ini disebut Ngarai Sianok.

Tidak heran jika Ngarai Sianok di Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi popular diIndonesia. Panorama alamnya mempesona dan udaranya begitu sejuk. Dilihat dari atas, Ngarai Sianok terlihat bak selimut beludru berwarna hijau karena dikelilingi  perbukitan yang asri. Pada bukit-bukit di Ngarai Sianok tumbuh tanaman langka seperti Rafflesia atau Bunga Bangkai, tanaman obat-obatan, dan lain sebagainya.

Di bawahnya mengalir Batang Sianok atau sungai-sungai kecil yang jernih. Anda bisa menyusuri sungai-sungai  ini sambil menikmati pemandangan ngarai yang indah dengan menggunakan kano atau kayak yang disaranai oleh organisasi air bernama Qurays. Dengan menyewa kano dari Qurays anda akan dibawa menyusuri sungai melewati Desa Lembah sampai ke Desa Sitingkai Batang Palupuh selama kurang lebih 3,5 jam.

Selain menyusuri sungai-sungai anda juga bisa sekedar berjalan-jalan di dasar  Ngarai Sianok.  Selain berjalan santai anda bisa menyapa penduduk yang tinggal di area pemukiman di dasar lembah. Dulu Ngarai Sianok disebut Kerbau Sanget karena di dasar jurangnya ditemui banyak kerbau liar. Sekarang, anda dapat menjumpai fauna yang lebih beragam di Ngarai Sianok.

Di sana, di dasar jurang Sianok hidup  monyet ekor panjang, siaman, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, dan tapir. Anda juga pasti tertarik untuk menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dari atas Ngarai Sianok. Pastinya akan menjadi momen yang istimewa


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • it’s me

  • TEDFILES RADIO ONLINE

    KLIK DISINItedfiles ”Stream red=off green=on
  • Best Day’s

    December 2016
    M T W T F S S
    « Nov    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Dewi On Twitter

%d bloggers like this: