Tempat Wisata Kuliner

1. Padang


Setelah sebelumnya dibahas tentang wisata alam yang menyegarkan mata maka kali ini kita bahas mengenai wisata boga yang akan mengenyangkan perut anda (mudah-mudahan tidak merobek kantong anda), dalam daftar ini nomor  bukan menunjukkan urutan favorit, tetapi hanya sebuah nomor belaka:

Rumah Makan Si Midun:

Yang disajikan disini masakan khas Padang, katanya sih namanya si Midun karena tempat ini dulunya salah satu lokasi syuting film “Sengsara Membawa Nikmat” (TVRI tahun 1990-an)  yang tokoh utamanya Si Midun (Sandy Nayoan). Tempat yang lumayan adem ini berlokasi di jl Ranah Binuang, di dekat Toko/Rumahnya Haji Simon (orang Padang pasti tau Haji Simon yang dealer suku cadang Toyota, kalo nggak tau cari aja informasi). Ada beberapa jenis lauk yang patut di coba, kaya dendengnya, ayamnya, ikan, tapi yang jelas jangan lupa nyoba cincaunya deh, okay punya juga tuh.

Restoran Lubuk Idai

Tempat ini menyediakan khusus Ikan Bakar dan Ayam Batokok yang cukup sedap, tempat duduknya kebanyakan lesehan, lokasinya cukup luas terletak di Jl Khatib Sulaiman, disini juga tersedia terong perus yang dibuat jus rasanya kayak jus tomat tapi lebih mantap dan berkhasiat
untuk orang anemia.

Es Durian Ganti nan Lamo

Tempat ini khusus menjual es dan es krim durian, walaupun mereka menjual gado-gado dan sate, tapi es durian lah yang menjadi kekhasan tempat ini, harap maklum kota Padang adalah tempat yang selalu dibanjiri durian hampir sepanjang tahun (mengenai ini akan kita bahas dibagian lain) , jadi supply durian ini selalu ada dan segar. Oh iya lokasinya ada di Jl. Pulau Karam, Pondok (pecinannya Padang) juga ada Ulak Karang, di simpang jl Jakarta, Asratex (Asrama Texasnya Padang).

Restoran Seafood Simpang Enam

Restoran ini terletak di jl HOS Cokroaminoto masih dareah
pecinan, di dekat simpang enam (di mana lagi ada daerah yang punya jalan bersimpangan enam coba? kasi tau gue ya kalo ada), tempat ini menyajikan berbagai macam seafood yang yang cool, coba aja Kepiting saus Padangnya, I think they’re number one in Padang and Indonesia tentunya, FYI tempat ini pernah masuk di artikelnya Jakarta Post.Tapi hati-hati juga karena mungkin ada dua faktor yang cukup mengganggu, pertama; menurut informasi yang belum terbukti keakuratannya tempat itu juga menjual babi dan tempat maskanya sama dengan masakan lain (kalo menurut gue sih nggak mungkin karena jelas-jelas judulnya aja seafood), yang jelas haram buat umat islam, anda bisa tanyakan kepada mereka terlebih dahulu, kalau ya, babi juga tu orang karena judulnya seafood kok jual sodaranya. Lalu yang kedua; lumayan mahal juga tempat ini (maklum seafood, ada satu tempat seafood
yang murah dulunya di jl hayam wuruk, tetapi karena ada masalah mereka tutup, karena kemurahan kali haha) tapi bener sebandinglah dengan harganya.

Bubur Ayam Kali Kecil

Masih di sekitar pecinan, tempat ini menjual bubur ayam yang
dijamin rasanya akan selalu mengingatkan anda dengan Padang, terletak di gang kecil (Jl Kali Kecil, namanya juga kecil jadi kecil n sempit dah), tapi anda pasti akan rela pergi ke tempat ini seringkali. Tapi tempat ini hanya buka pagi jam 6.00-8.00 dan sore jam 17.00-20.00, cepat tempat terbatas.

Restoran Pagi Sore

Ngomong-ngomong soal pagi sore, masih di sekitar pecinan, tempat
di jl Pondok, anda akan bisa menyantap ayam goreng balado khas Pagi Sore (hanya nama tempat ini juga buka makan siang dan  malam, kok), yang nikmatnya nggak ada duanya, juga ada berapa masakan khas Padang yang disajikan seperti rendang, dendeng yang tidak kalah nikmat. Di dekat tempat ini juga ada yang jual es buah yang segar, temui orangnya siang dan sore saja.

Beefsteak dan Gado-gado khas Padang

Masakan ini biasanya hanya anda dapat temui di pagi hari, ada
beberapa tempat  (masih di sekitar pecinan) yang menjualnya seperti di Nan Yo Baru, tetapi yang kahs dan nikmat menurut yang dijual pake gerobak di jl Niaga (terusan jl Pondok), namanya gue lupa tapi tanya orang sekitar situ pasti tau. Coba deh pasti ketagihan dengan steak saus cokelat khas padang ini, eh jangan kebanyakan ngasih cabenyo lo, lumayan pedes soalnya sih.

Restoran Pauh dan Restoran Cek Elok

Kedua restoran ini ada di Jl Khatib Sulaiman di dekat
kantor Indosat Padang, keduanya bersebrangan jalan, menu yang disedikan rada-rada mirip yaitu masakan padang, Pauh terkenal dengan Gulai ikannya yang sedap, jangan lupa minta kepala ikannya lo buat yang suka ikan, serta minta emping disiram sama kuah ikan tersebut, restoran ini sebenarnya jaraingan dari bebrapa restoran pusatnya sih di Pariaman tapi gue jamin yang di Padang paling okay punya. Sedangkan Cek Elok punya gulai ikan yang lumayan, tapi rekomendasi gue sih minta dulu dendeng with net, haha i mean with jaring atau jengkol.

Soto Paru Jl Sisingamangaraja

Soto paru/rabu ini letaknya di jl Sisingamangaraja tepatnya
di dekat bekas banguna penjara militer atau di depan SD Kartika,
hati-hati tempat ini full macet kalo anak SD bubaran (siang/sore).

Sate Icap,  Sate Ril dan Sate Danguang-danguang

Ketiga sate ini di jual dengan gerobak, tapi rasanya t.o.p b.g.t,
sate Icap lokasinya ada di jl Rasuna Said, tepatnya dekat mesjid Padang Baru, di depan rumah dinas Kapolda Sumbar. Sedangkan si Ril jualan di depan SD Agnes Jl Gereja, dekat hotel Natour Muara Padang/Taman Melati, Sate Danguang-danguang ada simpang Jl Pondok/Niaga/Tepi Pasang (simpang
Kinol), tidak jauh dari pagi sore  (Danguang-danguang sebenarnya daerah di kab 50 kota, arah ke Mudiak), di tempat ini sebenarnya ada semacam pusat belanja makanan, tepatnya di jl Tepi Pasang coba aja deh tinjau ke sana.

Cafe Mentawai Surf

Tempat ini sebenarnya jualan pecel lele dan ayam goreng, tapi yang
membuat khas Padang dan disukai yaitu cabenya yang disesuaikan dengan rasa cabe masakan Padang, lumayan dan tempatnya cukup okay, disini juga banyak minuman yang lumayan, terong perusnya cool,  gue nggak tau kenapa namanya jadi Mentawai Surf  (nggak ada hubungannya ama pecel lele kan ) soalnya seinget gue dulu (wkatu belum top) bukan ini deh namanya. Oh iya letaknya di Jl Perintis Kemerdekaan, Jati dekat kampus Univ. Dharma Andalas (Fekon Jati).

Restoran Mama

Tempat ini  jualan masakan Padang dan Nasi Goreng, lokasinya ada
dua, yang pusatnya di jl. Veteran dekat simp ujung Gurun lalu, yang
kedua ada di Jl Andalas. Coba Dendengnya lumayan, Nasi Gorengnya juga, ada beberapa minuman yang lumayan seperti es coklat yang sedap.

Restoran Kubang, Malabar dan Arabia

Di tempat-tempat ini dijual martabak mesir (atau martabak kubang istilah restoran kubang, karena menurut mereka resep martabak mereka sudah dimodifikasi khas daerah Kubang , 50 Kota) dan nasi goreng serta roti canai dan beberapa menu timur tengah/gujarat lainnya. Ketiga-tiganya lumayan, kalo anda-anda suka kambing coba di Malabar atau Arabia, menurut saya Malabar lebih sedikit lebih dibanding Arabia.Menurut saya sih kalo kekhasannya Padangnya ya Kubang, tetapi di duatempat lain boleh di coba disitu bakal ketemu orang  Arab dan India
lho, jarang kan ketemu kecuali di film?), oh iya Kubang ama Arabia ada di jl M. Yamin, Kubang lebih dekat ke Plaza Andalas dan Arabia lebih ke arah Matahari (terminal bus kota lama), sedangkan Malabar ada di simpang jl. Thamrin/jl Sungai Bong (di depan Masjid Nurul Iman/Menara Agung)

Restoran Suasso

Restoran ini menyajikan berbagai masakan Padang, Indonesia, serta Internasional. Menu khas Padangnya ada beberapa, seperti ikan tauco, belut goreng kering, dan beberapa menu lainnya yang sedap dan nikmat coba juga menu Indonesia dan Internasional khas mereka seperti Ifumie yang menurut  Ifumie terenak di Kota Padang. Lokasinya di Komplek GOR H. Agus Salim (dijalan di samaping Gedung Wanita), lupa nama jalannya jlan Batang Kapuas atau Batang Hari tapi cari aja informasi di sekitar situ pasti ketemu. Jangang lupa bawa uang agak banyak karena lumayan
mahal tapi sesuai lah dengan rasanya yang sedaaaap dan lokasinya juga cukup nyaman dan luas dengan suasana rumah yang asri.

Restoran Gulai Kambing Muslim

Restoran ini menyajikan gulai kambing yang sedap, letaknya
di jalan By Pass Kuranji, dekat simpang ke Kampung Kalawi, ada juga beberapa tempat di sekitar Kuranji dan Pauh yang menjual gulai kambing yang sedap, seperti Singgalang yang di jalan dekat Kampus Univ. Andalas Limau Manih, tetapi dengan pertimbangan tempat parkir dan makan yang luas, lumayan gampang di akses dan tidak terlalu jauh dari pusat kota, Restoran Muslim boleh dicoba.

Restoran Sweet Corner, Safari dan Hoya

Restoran ini menjual beberapan steak kuah khas Padang seperti
Steak Ayam, Daging, dan Udang, dengan kuah kemerahan yang asam dan sedap, tapi perlu juga ditanyakan pewarna merah yang mereka pakai aman atau tidak, dari pewarna apa?. Sweet Corner berlokasi di jl Permindo, dekat simpang Jl Jawa Dalam IV , sedangkan Safari ada beberapa tapi
yang paling cozy tempatnya ada di jl Samudera tepi laut dengan sunset yang indah di sore hari. Hoya ada di jl Hos Cokroaminoto mereka juga punya steak lidah Sapi, Hoya dan  Safari juga menjual bakery yang lumayan dari segi rasa dan harga.

Restoran Dekat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Bungus

Resto ini menjual ikan gulai seperti Pauh, dan masakan khas
Padang lainnya, walaupun tempatnya agak jauh dari pusat kota tapi
karena rasa masakannya serta alam Teluk Bungus yang indah pasti
terbayar juga waktu anda. Lokasi di dekat jalan masuk ke TPI Bungus, sayang parkir dan tempat makannya kurang luas.

Nasi Goreng Petai Si Mie-Mien

Restoran ini menjual Nasi Goreng dengan petai yang sedap, juga
menjual Mie Goreng, Mie Kuah yang lumayan. Ini favorit keluarga gue turun temurun, lokasinya di Jl Thamrin, Alang Lawas. Sebenarnya tak jauh dari sini ada tiruan (karena kokinya mantan anak buah Nasi Goreng si Mie-mien) dari Nasi Goreng ini, tepatnya di simpang tiga jl Thamrin/Bgd Azis Chan, atau simpang Alang Lawas, rasanya kurang kekhasannya dibanding yang original, yah kalo tempat si MIe-mien penuh
lho boleh coba ini deh. Oh iya sesuai dengan jadi gue di atas mengenai durian di daerah Alang Lawas ini juga dijual durian hampir sepanjang tahun, coba beli dan makan pake ketan khas Padang deh, sedaaaaaap, tapi saran gue pinter-pinter nawar ya.

Uniang Rindu (Pantai Purus)

Tempat makan ini terletak di Pantai Purus yang jalannya baru
diperlebar/diperbagus, lihat saja ke arah pantainya, temui rumah makan yang pake tenda oranye agak banyak ini. Walaupun cuma tenda, tapi kelezatan rasanya ditambah sepoi-sepoi angin laut akan dijamin
ketagihan.

Restoran Gulai Kambing Di Dekat Jembatan Batang Kuranji-Kalawi

Restoran ini menyajikan gulai kambing yang sedap, letaknya
dekat simpang Kampung Kalawi menuju arah Kalumbuk/Taratak Paneh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • it’s me

  • TEDFILES RADIO ONLINE

    KLIK DISINItedfiles ”Stream red=off green=on
  • Best Day’s

    December 2016
    M T W T F S S
    « Nov    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Dewi On Twitter

%d bloggers like this: